PERANCANGAN USER INTERFACE KATALOG PRODUK PT. BAPLI BERBASIS WEBSITE

  • Post category:Portofolio

DHIKA YUDISTIRA P.

Deskripsi

Website mulai menjadi kebutuhan para pembisnis untuk mempromosikan dan menjual produk melalui internet dengan mudah dan murah. Eksistensi website telah menyampaikan kemudahan bagi penggunanya yaitu pengguna tidak perlu tiba ke suatu daerah secara eksklusif untuk mencari informasi terkait dengan tempat tersebut. Walaupun PT. BAPLI bergelut di bidang aplikasi dan web tetapi PT. BAPLI belum memiliki desain interface yang baik. Penulis mengasumsikan hal tersebut berdasarkan survei sederhana bersama 75 responden yang berasal dari sekolah menengah kejuruan swasta di Kabupaten Kuningan.

Berdasarkan hasil pembahasan mengenai perancangan user interface website katalog produk PT. BAPLI berbasis website. Bertujuan merancang user interface website PT. BAPLI yang informatif sehingga dapat memudahkan costumers untuk mendapatkan informasi terkait perusahaan dan produk yang ditawarkan dan memvisualisasikan katalog produk pada website PT. BAPLI. Perancangan UI website ini merupakan upaya untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ingin diselesaikan dalam berbagai kondisi pengguna dalam menjalankan sebuah website. Dalam merancangan UI website dan memvisualisasikan katalog pada website tersebut dilakukan dengan langkah terstruktur dalam percangangan ini. Dengan metode “User Centered Design” Tahapan perancangan yaitu pengambilan data, analisis data calon pengguna menggunakan kuesioner, user persona, menyusun user case, Information Architecture, wireframe, visual user interface dan prototype dilakukan secara digital dengan menggunakan perangkat lunak (software) Figma. Dalam perancangan UI webiste PT. BAPLI ini disesuaikan dengan target audiens objek yang telah ditentukan melalui studi literatur dan analisis. Pada konsep perancangan memusatkan objek dan pengguna sebagai subjek dari pemakai sebuah website berdasarkan perilaku mereka. Penggunaan ilustrasi yang dibuat yaitu flat desain yang sederhana yang digunakan untuk gambar bagian landing page berfungsi untuk memperjelas pesan atau konten pada website, menggunakan icon-icon flat yang simpel dan mudah dikenali. Dengan ukuran dan gaya ikon konsisten. Pada perancangan UI ini banyak menggunakan warna merah, warna tersebut menggambarkan dari identitas logo PT. BAPLI dan rekomendasi dari hasil kuesioner. Bentuk desain yang dihasilkan berbentuk perancangan beserta dengan asetnya. Pengujian sederhana perancangan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada hari kamis tanggal 08 Februari 2023 kepada target audiens.