REDESAIN IDENTITAS VISUAL JENIPER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

  • Post category:Portofolio

Ivan Yanuar

Deskripsi

Jeniper merupakan akronim dari jeruk nipis peras, merupakan salah satu minuman khas dari Kabupaten Kuningan. Upaya untuk mengembangkan identitas visual sudah baik secara media cetak maupun media visual, namun perkembangan tersebut belum sepenuhnya mendapatkan image atau branding yang tepat di masyarakat terkhususnya masyarakat Kabupaten Kuningan maka dari itu penting untuk mengembangkan identitas visual Jeniper yang ditinjau dalam ranah desain komunikasi visual dengan menggunakan metode Rebranding atau perancangan ulang suatu brand atau merk. Tujuan dari perancangan ini untuk membuat identitas visual baru dan buku GSM (Graphic Standard Manual) yang berguna sebagai panduan dalam mengaplikasikan logo dan elemen visual lainnya untuk menjaga konsistensi brand. Untuk menghasilkan sebuah identitas visual yang menarik dan representatif maka dilakukan pengumpulan data secara kualitatif dengan mengumpulkan data tentang Jeniper, mengikuti perkembangan trend visual, melakukan analisa promosi sebelumnya dan observasi. Dalam perancangan redesain identitas visual Jeniper meliputi pembuatan logo, tipografi, warna, dan elemen gambar dengan menggunakan software Corel Draw dan Adobe Photoshop kemudian diaplikasikan kedalam media-media yang digunakan. Media utama yang digunakan meliputi logo dan untuk media pendukung meliputi poster, x-banner, stiker botol kemasan, paper bag, t-shirt dan mug.