Ribuan Camaba Ikut Seleksi Gelombang 1 Secara Online dan Siap Salurkan 150 KIP Kuliah


Ribuan Camaba Ikut Seleksi Gelombang 1 Secara Online dan Siap Salurkan 150 KIP Kuliah

UNIKU JAYA – Sebanyak 1.030calon mahasiswa baru (Camaba) dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, mengikuti ujian seleksi masuk secara online ke perguruan tinggi terpopuler ke-17 di tanah Pasundan versi Unirank tahun 2020. Camaba  yang pada hari ini melakukan seleksi secara online adalah camaba yang mendaftar ke Universitas Kuningan (Uniku) melalui jalur reguler (umum) gelombang 1.

“Alhamdulillah, Uniku masih mendapatkan kepercayaan masyarakat di masa pandemic covid 19 dengan menyaring camaba di gelombang 1 (satu) sebanyak 1.030 dengan rincian sebagai berikut 552 camaba yang mendaftarkan di jalur reguler (umum), 216 di jalur KIP Kuliah (bidikmisi), 256 yang mendaftarkan di jalur prestasi baik akademik maupun non akademik dan 2 orang camaba transfer (pindahan),” kata Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., saat dimintai keterangannya, Sabtu (13/06/2020).

Uniku juga, disamping menyelenggarakan kegiatan seleksi bagi camaba yang masuk melalui jalur regular (umum) gelombang 1, dalam kesempatan ini juga Uniku yang merupakan kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan itu, tahun akademik tahun 2020 – 2021 Uniku siap menyalurkan 150 kuota KIP Kuliah dari Pemerintah melalui Kemendikbud.

“Alhamdulillah, selain pada hari ini menyelenggarakan tes masuk secara online bagi camaba yang mendaftar di gelombang 1, Uniku juga siap menyalurkan 150 kuota KIP Kuliah dari Pemerintah melalui Kemendikbud. Saya rasa, Uniku yang paling banyak mendapatkan jumlah kuota KIP Kuliah dari Kemendikbud di Kabupaten Kuningan maupun se wilayah III Cirebon bahkan mungkin se-Jawa Barat. Ini menandakan bukti kepercayaan Pemerintah melalui Kemendikbud terhadap salah satu perguruan tinggi terbaik 155 di Indonesia versi Kemendikbud dan peringkat 54 UI Green Metric tahun 2019,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III dua (2) periode itu, menjelaskan, untuk tahun ini program studi (Prodi) ada tiga (3) jurusan atau program studi (Prodi) yang masih menjadi primadona atau favorite camaba di Uniku adalah Prodi Manajemen, Akuntansi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Ada tiga (3) Prodi yang masih menjadi favorit camaba ke Uniku adalah Prodi Manajemen sebanyak 361 orang pendaftar, Akuntansi 114 orang dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 92 orang. Mereka (camaba) yang mendaftarkan ke Uniku di gelombang 1 itu, berasal dari Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Jabodetabek, Bandung, Subang, Sumedang, Bantul, Magelang, Kebumen, Brebes, Tegal, Pemalang, Cianjur, Ciamis, Tasikmalaya, dan Wilayah III Cirebon,” sambungnya.

Bagi peserta yang belum mengikuti tes hari ini, bisa mengikuti tes susulan kembali secara online pada hari Senin 15 Juni 2020 pada pukul 08.00 – 12.00 WIB di https://spmb.uniku.ac.id/. Untuk pelaksanaan registrasi atau pembayaran daftar ulang bagi para camaba itu, bisa dilaksanakan setelah dinyatakan lulus yang akan diumumkan pada hari Selasa tanggal 16 Juni 2020 melalui website dan social media Universitas Kuningan (Uniku).

“Kelulusan bisa dilihat di website dan social media Uniku pada hari Selasa tanggal 16 Juni 2020. Untuk jadwal registrasinya akan dimulai dari tanggal 16 – 30 Juni 2020. Uniku juga, kembali membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang 2 dari tanggal 15 Juni – 27 Agustus 2020 untuk tes akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020,” pungkasnya. (Sep)